Tak Berkategori

S.E.B.L.A.K

Katanya niy, orang Sunda itu paling bisa hidup prihatin, dibiarin hidup di kebun aja udah hidup. Wong makannya dedaunan di lalap gitu. Ga ada lauk niy, kerupuk direndem di tumis pake cabe juga bisa jadi temen makan nasi. Tepung aci niy bisa digoreng, di rebus, dikasi saus kacang atau bubuk mecin, bisa jadi cemilan. Lah, bakso aja digoreng lagi dijadiin kerupuk. Haha kreatif yaa..

Entah sejak kapan, dunia perkulineran di sekitaran jabodetabek jadi diramaikan dengan makhluk kenyel kenyel pedes yang diberi julukan SEBLAK. Agak agak absurd ya namanya, kesannya yang abis makan seblak jadi nyablak gitu ngomongnya. Well, eniwei buat pecinta kerupuk yang suka dicocol cocol di kuah lontong atau soto atau sop, seblak ini pas banget sama selera ku. So, pas malam minggu di saat bingung mau nyemil apa, di tengah tengah tanggal tua yang menggetarkan kalbu, di sela sela gemericik air hujan yang manja manja mesra, terbersitlah keinginan untuk “ayo kita buat seblak ala ala kita”. Tsahh…Sadiiiss…


Ini penampakannya ?

Resepnya :

Bumbu yang dihalusin

Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur dikiiit

Bahan lain :

Depends on what you’ve got in fridge..hehe..Kali ini aku pake telor, sosis, bakso, sayap ayam (yang udah direbus terlebih dahulu…sisihkan kaldunya ya jangan lupa), sawi, daun bawang dan irisan cabe rawit lagi biar tambah pedes. And the one and only (adele kali ah) KERUPUKKK (ya iya lah), terserah kerupuk apa aja, mau kerupuk udang, ikan atau kanji.

Cara membuatnya :

  • Rebus ayam dulu..sisihkan kaldunya
  • Rendem kerupuk dengan air hangat
  • Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan telor, sosis, bakso, tumis terus sampai bumbunya mateng, masukkan sayap ayam, aduk aduk lagi
  • Tuangkan kaldu, banyaknya kaldu tergantung ya mau seblaknya nyemek nyemek aja atau yang berkuah
  • Di bumbui pake garam, gula, merica sama bumbu penyedap (selera aja ya)
  • Masukkan sawi , daun bawang, irisan cabe dan kerupuk yang telah di rendam
  • Dimasak smp kaldunya mendidih dan tanek
  • Jadii deh

Gampang banget yaahh…mak mak ga bisa masak kaya aku aja juga bisa. Lumayanlah..

Pas di cobain, kata Pipimus, bumbunya kurang lama numisnya jadi kurang gimana gitu. Oke, next ya pipii ???, protess ajahh..hehe

Semoga bermanfaat ya resepnya, meskipun ga bermanfaat untuk kemashalatan umat, setidaknya bermanfaat untuk keromantisan rumah tangga..Alahh ???

11 thoughts on “S.E.B.L.A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *