Review

[Review] Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal

laris-manis

“Dia lah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjuru-Nya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya” (QS. Al Mulk : 15)

Kutipan ayat di atas seakan-akan memantapkan hati bahwa traveling atau jalan-jalan itu wajib loh hukumnya! Selain menggugurkan label “kurang piknik” , mencintai traveling juga bisa menjadi prospek bisnis yang luar biasa bermanfaat bagi kemaslahatan hajat hidup orang banyak. Tertarik untuk mencoba mencemplungkan diri ke bisnis traveling?

Tunggu dulu!

Tentukan dulu segmentasi bisnis traveling kamu. Semakin spesifik semakin bagus. Juga sasaran yang mau di targetkan sebagai calon customer.

Sudah ketemu segmentasinya?

Kalau belum, baca dulu buku bisnis ini, Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal, yang ditulis oleh Cheriatna, founder dari agen Tour & Travel dari Cheria Holiday.

Apa aja insight yang bisa didapat setelah membaca buku ini?

Pertama, kamu akan jatuh cinta dengan traveling

Karena jalan-jalan itu ga selamanya negatif dan menghabis-habiskan uang loh, tapi ada sesuatu yang bisa didapat, namanya PENGALAMAN, dari pengalaman timbullah kearifan dan kedewasaan dalam menjalani hidup ini, dan itu sama sekali ga bisa dibeli dengan apapun.

Kedua, kamu akan sadar kalau Bisnis Wisata Halal adalah bisnis yang menjanjikan saat ini

Oke, setiap bisnis pasti ada resikonya. Tapi kalau menjalaninya sudah didasari dengan cinta ya risiko apapun pasti bisa dihadapin kan..Tsaaah. Di dalam buku ini dikupas deh resiko-resiko berbisnis ini dan cara menghadapinya. So Dont be worry, jalanin aja dulu.

Ketiga, kamu akan semakin yakin kalo Cheria Holiday adalah agen travel yang terbaik di kelasnya

Tahunya dari mana? Selain dari bukti-bukti foto dan testimoni dari customer, Penulis memaparkan track record yang cukup mumpuni dari Cheria Holiday, yang melibatkan beberapa public figure, serta pengusaha travel lain yang terinspirasi dari Cheria Holiday dan membangun bisnis serupa. Lampiran itinerary perjalanan juga sangat menarik, dan menggugah keinginan yang besar untuk mencoba bepergian bersama Cheria.

So, semakin tertarik kan untuk membaca buku ini.

Tetapi, sebelum itu, simak dulu kelebihan dan kekurangan buku ini :

Love

  1. Cara penulis bertutur sangat mengalir, seperti bercerita, mudah di pahami dan bahkan tidak perlu mengerenyitkan dahi untuk mencerna bahasanya. Which is good, karena namanya juga buku tentang traveling, harus fun dunk hehe. Penulis sepertinya tidak ingin terlalu basa-basi dengan pemilihan kata-kata yang sulit dan di sembunyikan dengan diksi-diksi atau metafor, cara penulis yang blak-blakan ini terus terang sangat menghibur. Good Point!
  2. Data-data berupa tabel-tabel dan grafik turut menunjang keabsahan dari beberapa point yang ingin di sampaikan Penulis, seolah-olah tidak ingin terjebak dengan mahzab “katanya”, Penulis memberikan bukti otentik berupa data ilmiah.
  3. Lampiran itinerary perjalanan sangat bagus dalam mempromosikan Cheria Holiday, terus terang merupakan cara cerdas untuk sedikit “mengiklankan” Cheria Holiday dibalik cover sebuah buku.

Hate

  1. Desain tata layout yang masih kasar, dan ada beberapa kata yang salah. Cukup mengganggu siy terus terang.
  2. Infografis yang ditampilkan kurang jelas, khususnya indeks dan keterangan pada grafisnya
  3. Tiba-tiba ada kutipan quote dengan font yang lebih besar dua kali lipat, memang tujuannya agar lebih enak dibaca, akan tetapi kurang smooth alur penyajiannya, ada baiknya diberikan satu dua kalimat sebelum quote itu muncul.

Suggestion

Sebaiknya ada pemisahan bab-bab yang jelas, karena meskipun Penulis ingin memberikan kesan “story telling” tapi pemberian bab akan memudahkan Pembaca untuk menelusuri section mana yang ingin dibaca lagi atau di baca terlebih dahulu. Dan akan lebih baik memperhatikan tampilan desain layout yang lebih baik, rapih dan lebih kekinian.

Intinya siy, buku ini cukup baik untuk pemula yang ingin memulai mencari tahu apa sih bisnis wisata halal itu, apa yang bisa diperoleh dengan berbisnis ini dan apa aja yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk memulai bisnis ini. Tapi untuk ingin mengetahui secara lebih detail bagaimana operasional bisnis wisata halal ini, buku ini tidak banyak menolong. Akan lebih baik untuk mencari referensi lain.

Demikian ya, review Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal ini, semoga membantu!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *