Review

Resensi Buku : Aplikasi Pencari Rezeki

                                                     Aplikasi Pencari Rezeki

Judul : Aplikasi Pencari Rezeki

  • Penulis : Wusda Hetsa & Achi TM
  • Editor : Huda Wahid & Nurul Amanah
  • Proofreader : Hetty Damayanti
  • Desainer Sampul : Kulniya Sally
  • Penerbit : PT. Mizan Pustaka
  • ISBN (International Standard Book Number) : 978-602-6716-13-2
  • Cetakan ke berapa: 1
  • Jumlah halaman : 208
  • Harga : 85ribu

Sekarang, mari kita belajar dari keledai tua yang terperosok ke lubang yang cukup dalam. Petani, yang awalnya bersamanya, mulai putus asa untuk membantunya naik. Hingga dalam tangis dan linangan air mata, dia mengucapkan selamat tinggal kepada keledai tua yang dirasa tidak dapat diselamatkannya. Pelan-pelan dia menjatuhkan tanah ke badan keledai itu dan berniat menguburnya hidup-hidup. Tetapi, keledai itu masih ingin hidup. Dia berusaha sekuat tenaga untuk bisa naik. Dari setiap tanah yang dilemparkan petani itu ke tubuhnya, dia menggoyangkan tubuhnya agar tanah itu jatuh di kakinya. Dan kakinya bergerak cepat untuk menginjak-injak tanah yang berjatuhan. Dengan kakinya, dia memadatkan tanah pijakannya. Hingga tanpa dia sadari, tanah yang di lemparkan petani itu justru membuatnya semakin tinggi dan membuatnya mampu melompat ke samping petani.

Keledai itu survived! Ditengah himpitan kemustahilan dan kepasrahan, dia berhasil mengerahkan segenap kemampuan terakhirnya untuk mengubah kekurangan dan ketidakberuntungan yang dia punya menjadi satu-satunya senjata agar dia bisa bangkit.

Jangan Takut Gagal

Cuplikan cerita motivasi di atas adalah salah satu dari beberapa kisah lainnya yang Penulis mencoba angkat untuk menggugah alam bawah sadar kita kedalam suatu lingkaran topik yang berintikan bagaimana APLIKASI PENCARI REZEKI bekerja dalam kehidupan kita.

Ketika membicarakan suatu aplikasi pencari rezeki, bayangan saya bermuara pada tips dan trik bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat atau mendownload aplikasi yang dapat menghasilkan uang dengan instan. Tapi alih alih memberikan cara-cara nya secara step by step, Penulis malah membawa kita ke dalam suatu sisi pemahaman yang mendalam mengenai Rezeki dan Allah sang Maha Kaya yang memberikan rezeki kepada umat-Nya. Penulis mengajak kita berselancar dalam kerangka berpikir secara kekinian mengenai konsep Rezeki seutuhnya.

Penulis membagi bukunya ke dalam 5 Bab, yaitu REZEKI , APA ITU BAHAGIA, CREATE THE FUTURE, APLIKASI DALAM HIDUPMU, THE POWER OF ORISON dan FOKUS, YUK FOKUS. Dan penulis juga tak lupa menyelipkkan quote-quote motivasi bahkan cerita fiksi yang di sebar di tiap-tiap bab yang memiliki benang merah dari  fiksi yang satu ke fiksi yang lain, sehingga pesan moral yang dapat ditangkap menjadi lebih komprehensif.

Konsep Kebahagiaan

Buku ini sangat seimbang menyelaraskan kemampuan manusia dalam berkehidupan dan bagaimana Allah mengaturnya dengan kekuasaan-Nya yang tidak terbatas. Dan tidak susah memahami bagaimana iman dan takwa dapat bekerja di seluruh nadi-nadi, menyelusuri titik syaraf, menggetarkan hati serta mewujudkan dalam action. 

Menarik ketika Penulis menggambarkan elemen-elemen kehidupan dan menganalogikannya ke dalam bentuk fisik yang lebih populer. Seperti mengaplikasikan strategi Google dalam kehidupan sehari-hari,bagaimana Google memiliki segala perhitungan dan algoritma yang dijalankan oleh server pusat dan PC hanya berguna sebagai display untuk menyajikan data saja. Mengingatkan kita pada berbagai kerumitan hidup dapat membelenggu bila kita menghadapinya seorang diri. Padahal kita serahkan saja kalkulasinya kepada server Yang Maha Kuasa. Alhasil segala bentuk masalah akan menjelma menjadi kepasrahan total kepada Allah dan menjadikan beban hidup menjadi lebih ringan.

Tak hanya Google, Penulis juga mengambil contoh dari Twitter, Facebook bahkan Dropbox ke dalam alunan pengayaan masalah dalam hidup. Dan itu menjadikan batas antara hal yang gaib dan nyata menjadi lebih tipis. Sehingga pemahamannya dapat terolah dengan baik memuara pada kesimpulan yang pasti bahwa USAHA BISA DITIRU TAPI REZEKI TIDAK.

Tapi buku ini tidak saja melulu soal rezeki. Tidak. Penulis ternyata memiliki pemikiran yang luas dan ingin berusaha menjabarkan materi yang lebih luas mengenai rezeki. Sempat aku berpikir, ah Penulisnya ga fokus niy menceritakannya. Tapi bagaimana Filosofi Jaring Laba-Laba, Konsep mengenai Qodo dan Qodar, Positioning Doa atau Mindset untuk lebih bercermin pada kegagalan, membuat Rezeki itu bukan hanya berbentuk slip gaji atau saldo rekening di bank. Tapi bertransformasi ke dalam bentuk-bentuk yang lain yang akan kamu pahami lebih baik bila membaca buku ini. *twink twink.

Last but not least,

Mari Menjemput Rezeki!

Karena?

 

                                               it is right, isn’t it?

 

 

29 thoughts on “Resensi Buku : Aplikasi Pencari Rezeki

  1. Buku ini membuka cakrawala mengenai rezeki yang luas, tidak hanya berkaitan dengan materi, buku ini mengulas bahwa pengertian rezeki itu banyak. Dengan berdoa dan sholat, rezeki akan menghampiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *