Tak Berkategori

Laundry Mess

laundry-mess-2

Sudah hampir kurang lebih tiga bulanan ini, di rumah ga pake jasa asisten rumah tangga untuk mencuci baju dan menyetrika. Bukannya ga mau, tapi udah kadung ribet dan males cari asisten rumah tangga yang pas di hati..tsaah..Eniwei, akhirnya memutuskan..Ok we’re taking care the laundry thing by ourselves..

Di rumahku tuh ada dua keluarga. Keluarga Zainal, Oma, Opa, Adekku Yogi dan Moza. Dan keluarga Muslihin, Aku, Pipimus, Miko dan Mikha. Sudah mulai kebayang dunk berapa banyaknya cucian kotor setiap harinya. Apalagi aku dan Pipimus bekerja. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana membagi waktu antara kerja, mengurus anak sepulang kerja, beres-beres rumah dan mengurusi cucian.

Berikut beberapa tips nya :

Komitmen

ini tuh penting banget…layaknya sebuah hubungan kalo ga ada komitmennya ya ga jalan..iya ga? hahaha..komitmen disini bukan cuma kesiapan untuk menyelesaikan pekerjaan ini dari awal sampai akhir tapi juga siapa yang mengerjakannya.

Aku dan Pipimus sepakat kalau aku yang menyetrika dan dia yang mencuci baju.

Oma, Opa dan Moza juga mengurusi cucian dan setrikaannya sendiri.

Kenapa ini penting? karena kalo pembagian tugas udah jelas ngerjainnya juga jadi enak kan. Ga pake misuh-misuh. Masing-masing sudah tahu porsinya sendiri-sendiri.

Pembagian Waktu

Karena aku dan Pipimus sama-sama bekerja, jadi urusan laundry dikerjakan pas weekend…Yap Weekend.

Suami membagi cucian sebanyak dua kali tahapan. Hari Sabtu dan Minggu. Gimana kalo pas hari itu ada acara ke luar atau event yang harus dihadiri? Ya sebelum pergi harus nyuci dulu dunk..Kan udah komitmen…*twink twink…

Saat Pipimus mencuci, aku jagain anak-anak..karena tempat laundry di lantai atas, jadi agak riskan kalo anak-anak diajak juga, karena biasanya mereka ikutan main air, yang bisa becek dimana-mana dan ngeri banget kepeleset kalo naik turun tangga.

Setelah Pipimus selesai mencuci, aku baru setrika di ruang setrika di lantai atas juga. Sekarang gantian Pipimus yang jagain anak-anak.

Gunakan teknik mencuci dan menyeterika yang baik dan benar

Teknik ini sebenernya ajarannya oma siy..Ga ada pedomannya, ga ada guidancenya..Murni hasil pengalaman Oma selama bertahun-tahun mengurusi keluatganya.

Teknik Mencuci :

  1. Pisahkan cuciannya dulu..di sortir antara baju anak-anak dan baju orang dewasa. Setelah itu tempatkan di tempat yang berbeda. Baju orang dewasa juga disortir lagi antara pakaian dalam, baju kantor dan baju yang dipakai di rumah. Baju kantor dipisah lagi antara bawahan dan atasan.
  2. Setelah dipisah-pisah, ditentukan mau di cuci yang mana dulu. Biasanya hari Sabtu, Pipimus nyuci baju anak-anak dulu dan baju kantor. Jaga-jaga, in case hari minggu nya ga sempet nyuci.
  3. Pakaian yang mau dicuci di rendem dulu dengan detergen kira-kira sejaman. Setelah itu baru di cuci. Nyucinya pake tangan yaaa..Karena mesin cuci ga bisa dipakai gara-gara colokan ke listriknya bermasalah.
  4. Sehabis di cuci, dibilas di atas air yang mengalir. Dan pada bilasan terakhir dikasi pewangi. Ini penting banget, agar wangi baju-bajunya. ya iyalah….
  5. Oiya beberapa tips lainnya..Untuk kaos kaki dan baju anak-anak yang putih lebih bersih kalo nyucinya pakai sabun mandi. Untuk nyuci sepatu yang warna putih disikat dengan menggunakan sedikit pasta gigi.

Teknik Menyetrika :

  1. Baju-baju yang sudah kering di lipat dan dipisahkan sesuai dengan tingkat kesulitan menyetrikanya…Hehhe..Misal kaos-kaos sendiri, daster-daster sendiri, sarung+sprei+sarung bantal sendiri, celana-celana kerja sendiri, kemeja-kemeja pipimus sendiri. Pengkategoriannya terserah siy tergantung mana yang lebih urgent untuk disetrika hehhe..
  2. Sediain cairan pelembut pakaian..alah apa ya namanya..pokonya yang merknya kisp**y atau tr*ka…soalnya setrika jadi gampaaang banget kalo pake itu haha..langsuungg cusss..liciiinn…
  3. Gunakan skala prioritas buat nentuin mana-mana yang mau di setrika dulu. Kalo aku prioritasin baju-baju kerja dulu sama baju sekolah Miko dan baju keseharian Mika Miko. Khususnya celana dalam tuh yang suka running out.
  4. Setrika dulu satu kategori yang sudah dilipat smp selesai baru setrika kategori lain. Kalau aku siy setrika celana kerja Pipimus semuaa sampai selesai. Trus kemeja kerja nya. Baru seragam sekolah Miko dan baju anak-anak. Terakhir baru baju kerjaku. Kebetulan baju-baju kerjaku kebanyakan bahannya yang mudah disetrika dan ga gampang kusut seperti chiffon or polyester. Sementara baju dan celana kerja Pipimus atau cowo-cowo kebanyakan biasanya bahannya cotton yang gampang kusut. Jadi setrika yang susah-sudah dulu intinya hehe..
  5. Seprei, sejadah dan sarung biasanya aku lipat trus aku jadikan alas setrika selain tentunya bantalan busa dari meja setrika. Tujuannya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sembari setrika yang lain, panas dari atas bisa melicinkan yang di bawah juga. Jadi tinggal final touch aja nanti setrika yang tadi dijadiin alas setrika di bawah. Tinggal setrika pinggirannya aja atau yang masih kusut di tepi-tepi nya.
  6. Kaos-kaosnya pipimus tuhh banyaak banget…Sama kaya poin 5 biar gampang dan cepet setrikanya, kaos-kaosnya di jadiin alas setrika juga. Jadi di atas setrika kemeja-kemeja kantornya, yang kaos-kaos di bawahnya juga ikutan licin. Setelah kemeja selesai diseterika, kaos-kaos yang di bawahnya tinggal di setrika dikit-dikit aja karena rata-rata udah licin. Jadi lebih gampaang dan hemaat waktu banget.

Kira-kira seperti itu rutinitas laundry dari keluarga Muslihin. Semoga bisa menginspirasi. Intinya siy dont be to hard to ourselves. Kadang apa yang udah kita rencanain ga bisa berjalan lancar. Kaya wiken tiba-tiba harus ke kontrol dokter lah atau ada event lah atau ada kondangan lah. Atau cuaca pas hari sabtu minggu lagi hujaaan terus, cucian ga kering-kering, itu ruang laundry udah bener-bener berantakan. Kalo udah kaya gitu jangan langsung stress, menyiasatinya siy pulang kantor naik ke atas ngelanjutin urusan laundry yang belom kelar di wiken. Capek siy tapi so far puas-puas aja apalagi ngelihat hasil strikaan yang rapiiihh…

laundry-mess-1

 

images from : http://www.fixfellows.com/Images/Slides/HomePanelLaundry.jpg

http://www.utsc.utoronto.ca/tcardplus/sites/utsc.utoronto.ca.tcardplus/files/styles/page-content-wide/public/Laundry%20Live%20Page%20Image%20(2)-01.png?itok=yppKcx_6

 

 

5 thoughts on “Laundry Mess

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *