Blog Challenge

Ketika CBR 250 RR Memaknai Perjalanan Jakarta-Bekasi

Hidup di kota besar penuh dengan tantangan. Waktu berjalan cepat. Inefisiensi mengakibatkan kerugian materiil dan non materiil. People think fast and always moving forward. Mobilitas dituntut tinggi karena terjebak dalam ruang tak bergerak akan menurunkan kreativitas. Adrenalin terpacu dalam gemerlap rutinitas. Dan kehidupan sosial menjadi kotak pandora yang bisa memicu gejolak seketika. Orang-orang hidup dalam dunia maya dan nyata menyisakan garis batas yang tak terlihat.

Dan PILIHAN seketika menjadi penting. Karena harus memilih atau terombang-ambing dalam kelabilan yang tidak pasti.

Karena itu, sebagian dari kita memilih yang terbaik untuk dirinya. Memilih yang dapat membantunya mencapai tingkat kenyamanan. Dengan banyaknya pilihan yang ada, kebijaksanaan dan proses memahami diri sendiri adalah yang terpenting dalam memilih suatu pilihan.

Tak ubahnya bagi mereka yang memilih mencari nafkah di Jakarta. Waktu bernilai uang. Dan uang memberikan prestise. Sementara faktor-faktor eksternal seperti kepadatan lalu lintas, cuaca ekstrim yang menyebabkan banjir, kejahatan, rendahnya keamanan transportasi publik, degradasi moral, dan banyak lainnya permasalahan dalam ibukota, menegasan bahwa hidup tidaklah mudah. Keamanan dan kenyamanan menjadi kunci dalam menggaet harapan.

Imam, 33 tahun, seorang aparatur sipil negara di salah satu Kementerian di Jakarta, tahu benar bahwa perjalanan Bekasi-Jakarta yang ditempuh setiap harinya bukan main-main. Dia harus memprediksi dengan baik kalkukasi perhitungan biaya dan waktu yang di gunakan untuk sampai di Kantornya di bilangan Thamrin tepat waktu dan pulang kembali ke rumahnya di Bekasi dengan selamat.

Imam tahu persis bahwa tidak ada kata setengah-setengah dalam mencapai aktualisasi diri. Untuk itu dia memilih yang terbaik bagi dirinya untuk menunjang mobilitasnya dalam pekerjaan dan mempermudah dia menyelesaikan segala macam urusan dalam hidupnya.

Pilihan Imam jatuh pada All New Honda CBR (City Bike Racing) 250RR. Bukan tanpa alasan Imam memilih produk Honda di atas. Imam memahami dirinya dan dia mempercayakan All New Honda CBR 250RR untuk mendampingi dirinya mencapai goal dalam hidupnya.

Sounds hiperbolic? No, it sounds realistic.

Karena tak semua orang memilih sesuatu yang sangat mereka butuhkan. Sebagian besar orang memilih sesuatu yang mereka inginkan, demi banyak sekali kompromi dalam berbagai macam kondisi. Mungkin memilih menggunakan mobil daripada motor, atau memilih membeli merek in the middle dengan kualitas seadanya.

Tapi tidak bagi Imam. Imam tahu dan paham bahwa dia menempatkan keselamatan dan kenyamanan dirinya di atas segalanya. Sebagai young planner, jabatan fungsional umum yang melekat pada dirinya, dia merencanakan dengan baik bahwa dia butuh waktu kurang dari satu jam untuk sampai ke Kantor dari rumahnya. Kemacetan lalu lintas adalah absolut pada rush hour, sehingga dia memilih untuk berpacu menghadapinya. Pekerjaan sebagai perencana membutuhkan waktu kerja yang lebih panjang, sehingga dia kerap kali harus lembur. Pulang malam di saat kondisi tubuh sangat lelah, dia perlu tunggangan dengan tingkat safety yang lebih tinggi. Imam juga harus lebih mobile memonitor dan mengevaluasi mitra kerja di daerah yang harus ditempuh dengan jalur darat.

Tunggangan favorit Imam

Imam memberikan ulasan “CBR membuat saya sangat nyaman dalam berkendara, tidak mudah goyang ketika membelok, sehingga tetap akseleratif bila harus melewati gang-gang untuk menghindari kemacetan, menempuh perjalanan jauh hingga keluar kota juga terasa tidak pegal karena dudukanya yang comfy.”

Sejarah dan Evolusi Series CBR

Dan apakah All New Honda CBR (City Bike Racing) 250RR dapat memenuhi segala kebutuhan rider dalam berkendara?

CBR 250RR merupakan series CBR yang dikeluarkan oleh Astra Honda Motor dan telah berevolusi lebih dari 20 tahun lamanya. Diciptakan dengan filosofi Total Control, dimana rider memiliki kendali penuh atas haluan dan kecepatan yang diinginkan. CBR mampu membuat pengendara merasa aman dan percaya diri. Dan tentu saja nyaman.

Series CBR pertama kali diluncurkan tahun 1992 dengan nama CBR900RR dengan berat motor sebesar 185 kg, jarak sumbu roda ssebesar 1,405 mm dan body sekelas motor super sport. Honda mengantarkan kita pada generasi baru motor compact yang paling ringan di kelasnya dengan pengendalian dan kontrol yang terbaik.

Setiap dua tahun sekali CBR terus berevolusi menjadi generasi motor selanjutnya. Di tiap evololusinya CBR menjadi lebih ringan dari generasi awalnya. Generasi keenam, di tahun 2002 memiliki total control yang luar biasa dan body yang mudah dikendalikan, dan menerima banyak penghargaan sebagai motor sport terbaik di kelasnya. Evolusi tak berhenti di situ , dari segi tenaga juga CBR mengalami peningkatan. Begitu juga dengan pengereman dan akselerasinya.

Didominasi perkembangan teknologi yang semakin maju, pada tahun 2012 CBR berevolusi menjadi motor super sport yang upgrade ke level yang lebih tinggi. Dampak signifikan dapat dilihat dari suspensi depan dan belakang. Bagian belakang menggunakan Balance-Free Rear Cushion yang mendorong oil keluar lewat komponen terpisah dan menghasilkan redaman kekuakan. Bagian depan menggunakan Big Piston Front Fork dengan area penerima tekanan yang lebih besar untuk redaman kekuatan yang lebih halus. Mesin juga dilengkapi dengan pengaturan fuel injection yang di revisi untuk kontrol yang lebih baik sehingga memberikan akses tenaga yang lebih besar.

CBR 250RR Seri 2017

FILOSOFI ASTRA

Sebagaimana produknya yang sangat menginspirasi, seperti itulah Astra senantiasa memiliki kiprah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Didirikan di Jakarta pada tahun 1957. Astra International Tbk telah berkembang menjadi salah satu perusahaan konglomerasi di Indonesia. Tak hanya di bidang otomotif, tetapi Astra telah menciptakan model bisnis yang terdiversifikasi menjadi banyak segmen di antara lain jasa keuangan, pertambangan, agribisinis, infrastruktur, teknologi informasi dan properti.

Seperti Imam dan ribuan hingga jutaan pengguna produk Astra lainnya yang ingin eksistensinya tetap kokoh di tengah-tengah kemajuan zaman, begitu pula Astra ingin terus berada di tengah-tengah masyarakat dengan tingginya kualitas produk dan layanan yang di hasilkan. Sehingga masyarakat dalam kesehariannya dapat merasakan Astra hadir dan turut menemani titik maju dan mundur dalam kehidupan mereka. Bagi negara pun, Astra berkontribusi lewat berbagai macam produk yang dihasilkan seperti minyak kelapa sawit, batu bara serta kendaraan bermotor.

Semua hal tersebut sejalan dengan visi misi Catur Dharma yang dimiliki Astra, yaitu :

  1. Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara
  2. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
  3. Menghargai individu dan membina kerjasama
  4. Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik

Catur Dharma Astra menitikberatkan pada tiga macam strategi yang menginspirasi negeri di sepanjang 60 tahun (1957 –  2017) berkarya, antara lain :

Produk dan Layanan

Sejahtera bersama bangsa, itulah tujuan bisnis Astra yang di konversikan dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi. Produk berkualitas tersebut dihasilkan dari para penyedia barang dan jasa yang termasuk dalam serangkaian rantai bisnis yang telah terintegrasi. Dari Astra untuk Astra demi pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai dengan butir kedua pada Catur Dharma.

Insan Astra

Dalam pencapaian kinerja bisnis yang berkelanjutan, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset penting. Untuk itu Astra berusaha memantain dengan baik SDM yang dimiliki dengan berbagai macam pola pengembangan dan penghargaan. Salah satunya adalah InnovAstra yang merupakan ajang tahunan untuk membangun budaya inovasi para Insan Astra.

Saat ini sudah ada lebih dari 220.000 orang insan Astra yang tersebar di 190 lebih anak perusahaan, joint ventura dan perusahaan asosiasi yang berada di bawah naungan Astra.

Kontribusi Sosial

Astra memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) yang terintegrasi menjadi empat pilar yaitu Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif. Berbagai macam program telah digelontorkan demi tercapainya pilar demi pilar demi mencapai keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial dan lingkungan. Diantaranya adalah mencanangkan program #generAKSISEHATINDONESIA bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, SATU Indonesia Awards sebagai ajang hunter pemuda-pemudi Indonesia yang berbakat yang memberikan karya dan manfaatnya bagi masyarakat, Program Rumah Pintar, Hutan Konservasi dan Area Eco Edu Tourism berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Astra Start-Up Challenge dan masih banyak program lainnya.

Inspirasi dari ASTRA

Melalui berbagai macam produk dan hasil karyanya, Astra menginspirasi masyarakat, insan Astra, bangsa dan negara ini. Dan memberikan makna dari setiap perjalanan. Astra mampu menterjemahkan kebutuhan menjadi pengabdian, pelayanan menjadi keharusan dan keikhlasan menjadi pembuktian. Semangat Astra memberikan semangat bagi kita semua. Bahwa kita dapat berbuat sekecil apapun itu untuk kemajuan negeri. Seperti John F. Kennedy mengatakan ” Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tetapi tanyakan apa yang telah kamu berikan pada negaramu”.

Tidak kita sadari menggunakan produk Astra saja sudah memberikan kontribusi besar pada devisa negara, atau bekerja sebaik mungkin demi diri sendiri dapat membantu meningkatkan kualitas diri, atau menyingkirkan kerikil di tengah jalan sekalipun dapat mendatangkan keselamatan bagi orang lain. Itu semua merupakan bentuk aktualisasi diri yang berimbas pada kedamaian dan perkembangan negeri. Seperti Imam dan motor CBR 250RR-nya yang termasuk dalam bagian inspirasi Astra.

Kita mungkin tidak sadar bahwa Astra tidak tumbuh seperti sekarang tanpa permulaan menjadi perusahaan perdagangan umum terlebih dahulu. Hingga akhirnya menjelma menjadi raksasa perekenomian di Indonesia.

Semua itu bermula dari nilai tulus, seperti Astra dalam catur dharmanya, ingin menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, bukan hanya bagi pendiri Astra atau bagi insan Astra.

Tapi bagi seluruh negeri.

Selamat berkarya 60 tahun Astra!

1 thought on “Ketika CBR 250 RR Memaknai Perjalanan Jakarta-Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *