Blog Challenge, Event

Karena Berbagi Itu Mudah : EASYSharing

Siapa yang rumahnya penuh dengan barang-barang yang belum terpakai atau masih belum terpakai atau sayaaang banget mau dipakai hehehe. Atau yang gudang di rumahnya penuh dengan barang-barang yang masih bagus, technically masih berfungsi tapi ko ya ga pernah digunakan.

Kaya gini deh, karena masih tinggal dengan orangtua, aku tau persis kebiasaan Mami yang suka menyimpan-nyimpan barang. Bayangin baju-baju waktu aku masih bayi aja tuh masih disimpen. Tuppperware ada banyaaak. Baik yang emang udah pernah dipakai ataupun yang masih di segel. Hah!

Mami tuh apik banget nyimpen baju-baju Beliau mulai dari masih gadis sampai sekarang. Menurut Mami baju-baju tersebut punya nilai historis tersendiri dan Beliau ga pengen menjualnya (saking banyaknya aku pernah usul dibuat garage sale dan langsung ditolak mentah mentah sama Mami). Beliau pernah berpesan kalau Beliau meninggal (jangan dulu Mam…hiks) baju-bajunya disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Dan bukan hanya barang-barang Mami aja, adekku tuh punya koleksi buku komik, DVD, buku-buku pelajaran dan lain lain. Aku sendiri punya banyak banget tas-tas ransel dari kantor sebagai perlengkapan peserta selama mengikuti kegiatan seminar/workshop atau sejenisnya. Belum lagi wadah plastik, jilbab, notes atau buku agenda, majalah-majalah dan masih banyak lagi. Kebayang dunk gimana penuhnya lantai dua rumah yang bentuknya udah kaya gudang aja.

Tentunya barang-barang tersebut akan lebih bermanfaat bila disumbangkan atau diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan. Yang tas ranselnya sudah sobek sobek mungkin membutuhkan tas baru. Atau yang ga punya jilbab warna merah eh dont worry aku punya loh.

Berawal dari ide sederhana itulah akan lebih baik diwujudkan dalam bentuk aplikasi startup atau web yang bernama EASYSharing.

Kenapa kamu harus mendownload EASYSharing (misal ada yang nanya gitu) ?

  1. Karena pada dasarnya berbagi itu mudah kok. Yang penting ada tempat/sarana menyalurkan barang tersebut. Dengan EASYSharing akan ketahuan tuh siapa yang membutuhkan apa dan siapa yang ingin memberikan apa. Intinya ada forum komunikasi yang menjembatani antara giver dan receiver.
  2. Masih ada budaya prikiwuh atau sungkan. Iya ga siy, kadang kan kita sungkan mau ngasi sesuatu ke siapa gitu, karena takut yang dikasi merasa tersinggung atau jengah. Biasanya siy itu berlaku kepada orang yang kita kenal banget atau yang kita sama sekali ga kenal. Antara dua pilihan itu siy. Dengan adanya EASYSharing kamu ga perlu takut mereka tersinggung atau apa. Wong mereka juga membutuhkan kok dan kita juga dengan ikhlas memberikan. Win win solution kan.
  3. Kamu ga usah bingung membeli nilai suatu barang. Misal, tas ransel yang aku dapatkan secara gratis sebagai kenang-kenangan ketika menghadiri seminar. Kadang suka bingung kalau mau dijual tas itu dihargain berapa kan? Dengan EASYSharing nilai yang kamu dapatkan dari tas itu jadinya priceless, karena kamu memberikannya kepada mereka yang perlu banget tas itu.
  4. Orang Indonesia itu masih awam sama yang namanya garage sale atau preloved sale. Meskipun tren demikian sudah semakin menjamur. Tapi untuk kebanyakan orang-orang masih berpikiran sayang mau menjual barang, atau ga enak menjual barang bekas. Padahal nilai guna dan manfaatnya masih ada kan? Dengan EASYSharing ga usah malu lagi, karena barang yang kamu punya ada manfaatnya loh buat yang lain. Good for you!
  5. Shortcut waktu dan tenaga. Iya dunk, kamu mau menyumbangkan buku buku bekas ga perlu jauh-jauh ke taman bacaan atau pasar buku bekas. Kamu cukup cari calon receiver kamu di EASYSharing. Selanjutnya kamu negosiasikan dengan baik deh tuh buku-buku mau di salurkan dengan cara apa. Apa mau CODan atau lewat jasa ekspedisi. Intinya kamu ga perlu repot-repot nyari atau pasang pengumuman di tiang pohon kan? Hari giniiii…
  6. Tidak ada barang-barang yang akan sia sia. EASYSharing juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial. Misalnya ada bencana alam berupa banjir bandang di daerah mana gitu. Yang udah udah banyak banget barang yang ga kepake dan terbuang sia-sia karena hakikinya korban bencana tidak membutuhkan itu. Yang harusnya membutuhkan makanan siap saji malah dikirimin mi instan ber dus-dus. Atau permintaan yang spesifik seperti popok bayi ukuran XL atau susu kaleng dan lain lain. Dengan adanya EASYSharing kamu bisa minta barang sespesifik mungkin dan barang yang kamu simpan sekian lama bisa diberikan kepada yang sangat membutuhkan. Ga ada barang yang kebuang ga kepake dan ga ada barang yang hanya teronggok aja ga dipakai. As simple as that.

HOW TO ber-EASYSharing

Di EASYSharing ada giver, receiver dan admin. Giver adalah seseorang/kumpulan orang/komunitas yang memiliki barang dan ingin menyalurkannya. Receiver adalah seseorang/kumpulan orang/komunitas yang sedang mencari barang dan bersedia menerima barang. Admin adalah operator yang bertugas menjawab pertanyaan bila ada yang bertanya, memberikan penjelasan dan lain lain.

Syarat dan Ketentuan Giver :

  1. Registrasi dengan melengkapi data diri berupa nama, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, no telp yang bisa dihubungi, email, akun media sosial dan lain lain.
  2. Mencantumkan barang yang akan diberikan sesuai dengan kategori yang tersedia, expired barang (kalau ada), kondisi barang, posisi barang dimana dan lain lain.
  3. Memberikan keterangan apakah bersedia menganggung ongkos kirim barang atau diserahkan kepada receiver.
  4. Bersedia menerima notifikasi lewat email atau media lainnya (ini optional siy).
  5. Bersedia menanggung resiko apapun terkait kendala komunikasi atau ada masalah dengan receiver karena EASYSharing hanya bertugas sebagai media perantara.

Syarat dan Ketentuan Receiver :

  • Registrasi dengan melengkapi data diri berupa nama, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, no telp yang bisa dihubungi, email, akun media sosial dan lain lain.
  • Mencantumkan barang yang diinginkan sesuai dengan kategori yang tersedia, berapa banyak/jumlah yang dibutuhkan, dalam kondisi barang baru/bekas, dan lain lain.
  • Memberikan keterangan apakah bersedia menganggung ongkos kirim barang atau tidak.
  • Bersedia menerima notifikasi lewat email atau media lainnya (optional).
  • Bersedia menanggung resiko apapun terkait kendala komunikasi atau ada masalah dengan giver karena EASYSharing hanya bertugas sebagai media perantara.

Gimana ide berbagi di EASYSharing ini? Lumayan bisa meminimalisir tumpukan barang di kamar atau gudang kamu kan?

Kamu punya ide lainnya?

Yuk bagi bagi dunk disini IWIC Competition

Buat kamu kamu yang kalau bangun tidur atau lagi nongki di toilet, kepala kamu penuh dengan ide ide jenius yang sayang banget kalau ga disalurin. Ibaratnya rasa sayang kalau ga disalurin tuh bisa jadi basi, ya ngga? Tsaahh. Nah kamu bisa tuh ikutan kompetisi yang di adakan oleh Indosat Ooredoo. IWIC adalah singkatan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest. Tahun ini adalah tahun ke 11 IWIC diselenggarakan. IWIC 11 ini dapat diikuti oleh siapa aja , emak emak naik motor mau belok ke kiri lampu spion ke kanan juga boleh banget kok, intinya untuk memotivasi semua kalangan dari semua usia untuk berkontribusi menciptakan hidup menjadi lebih mudah dan lebih berkualitas kaya ide aplikasi EASYSharing akuuhh inii. Beuhhh narsis..

So, mulai deh nulis di notes or langsung aja pijit-pijit tombol keyboard, eksplorasi daya imaginasi kamu bersama IWIC 11.

Goodluck yaaahhh…

 

4 thoughts on “Karena Berbagi Itu Mudah : EASYSharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *