Curhat, Event, Miko dan Mikha, Mimi, Review

Hafiz Junior, Mainan Masa Kini-nya Calon Hafiz-Hafizah

Waktu tuh berlalu begitu cepat ya. Buat working mom seperti aku harus pandai-pandai menyiasati waktu dan membaginya bersama rutinitas sehari hari, aktualisasi waktu bersama anak-anak, aktualisasi diri sendiri, siap sedia kalau ada lembur, ditelp bos malam-malam, bersosialisasi dengan teman-teman seperjuangan, interaksi dengan tetangga dan lain lain. Belum apabila harus dihadapkan dengan kemacetan ibukota yang luar biasa yang mengakibatkan waktu hanya “terasa habis” di jalan.

Yang bikin pusing ketika anak-anak sudah bisa protes.

“Mimi ko pulangnya malam siy”

“Mimi ko lama-lama pulangnya siy”

atau

“Mimi dengerin aku dunk, aku mau bicara. Jangan maen hp terus”

Hahaha.

Seiring perkembangan anak yang luar biasa cepat, sebagai orangtua aku kerap keteteran juga siy. Karena arus informasi yang sedemikian ramainya, membuat anak-anak bisa memenuhi pikirannya dengan berbagai macam hal hal baru. Sifat dan tingkah laku mereka juga berubah. Miko waktu berumur 5 tahun tentu beda dengan Miko sekarang yang sudah berusia 7 tahun. Kalau dulu aku berkutat dengan speech delay-nya sekarang aku kewalahan menanggapi celotehannya dia tentang hal hal yang dia tonton, atau yang dia dengar dan lihat.

Dan saat ini aku sedang bingung banget ngadepin Miko yang lagi mogok “ngga mau ngaji” dan pola tidur Mikha yang terbalik.

Miko mogok ga mau ngaji TPA di mesjid belakang rumah karena dia ga bisa mingle dengan anak-anak lainnya. Which is aku ga begitu tau masalahnya apa karena Miko anaknya sweet dan gampang berteman. Belum sempat aku ngobrol sama guru ngajinya dia sudah bikin statement kalo lebih seneng nonton daripada ngaji. Dooohh…

Waktu mengaji yang biasanya sore hari juga jadi kendala buat Mikha. Karena sudah hampir beberapa bulan belakangan ini, jam tidur Mikha terbalik. Tidur jam dua pagi, setengah delapan pagi masuk TK, pulang sekolah langsung tidur sampe menjelang magrib, bangun, dan tidur lagi tengah malam. Begitu seterusnya. Sehingga umtuk ngaji jam sore udah ga mungkin lagi kan.

Saat-saat seperti ini nih yang bikin harus puter otak mikirin gimana solusi terbaik. Salah satunya mungkin mencari guru privat ngaji, tapi sudah kontak beberapa guru ngaji agak keberatan kalau harus privat. Aku takutnya siy kalo keterusan ga ngaji-ngaji, anak-anak seusia Miko dan Mikha menjadikan hal itu kebiasaan. Tentunya rugi untuk usia mereka yang masih muda apabila tidak diisi dengan kegiatan melafalkan lafadz Al Quran.

Akhirnya, aku berkomitmen untuk mem-push diri sendiri mendampingi anak-anak dalam mengaji Al Quran. Selain harus membagi waktu sepulang kantor dan harus deal with rasa lelah, aku merasa perlu didampingi oleh tools yang menarik yang bisa bikin anak-anak betah mengaji Al Quran bahkan sambil bermain.

Dan Alhamdulillah, ada solusi menarik yang ditawarkan oleh Al Qolam, yang sudah terkenal dengan reputasinya mengeluarkan berbagai produk inovatif dan edukatif bagi Umat Muslim dengan range target market yang cukup lebar, sejak tahun 2008. Meneruskan sukses produk sebelumnya Hafiz Talking Doll, Al Qolam kembali menyasar kategori anak-anak sebagai calon hafiz/hafizah dengan produk terbarunya yaitu Hafiz Junior. Mainan edukatif yang memiliki fitur-fitur yang komplit banget.

Alhamdulillah, Aku, Miko dan Mikha berkesempatan menghadiri Launching Hafiz Junior sekaligus unboxing productnya. Yeaayyy. Asik banget bisa meluangkan waktu bersama Miko dan Mikha ke suatu acara yang “bergizi”. Acaranya sendiri berlangsung pada hari Minggu, 18 Februari 2018 bertempat di Gramedia World Harapan Indah, Bekasi. Kebetulan tidak terlalu jauh dari tempat kami tinggal.

Launching Hafiz Junior dan Unboxing

Dari kiri-kanan : Perwakilan Gramedia Harapan Indah Bpk. Pridadi, Perwakilan Al-Qolam Dony Iskandar dan Psikolog Anak/Owner el-Skal Indonesia Belinda Agustya Putri

Mengapa Hafiz Junior dinamakan mainan anak edukatif instead of alat untuk menghafal Quran?

Karena ternyata Hafiz Junior memenuhi kriteria-kriteria yang dipaparkan Psikolog anak, Belinda Agustya Putri , sebagai mainan yang tepat bagi anak-anak karena beberapa alasan sebagai berikut :

  1. Bermain itu harus menyenangkan

Hafiz Junior tepat banget sebagai mainan anak yang dapat membentuk bonding yang kuat antara aku dan anak-anak. Akunya ga mati gaya ketika harus memperkenalkan metode menghafal Al Quran dan anak-anak juga akan merasa tidak sedang belajar melainkan sedang bermain bersama ibunya. Proses pembelajaran dan bermain pun menjadi menyenangkan karena atmosfer yang dibangun juga dalam suasana yang fun dan ceria. Hal tersebut didukung oleh fitur 6 lagu anak-anak islami yang menambah keriangan belajar menghafal Al Quran tersebut.

  1. Memiliki unsur pura-pura atau menghilangkan realita

Hafiz Junior memiliki bentuk menyerupai anak laki-laki dan perempuan dengan tema profesi yang berbeda yaitu Pilot dan Dokter. Dua profesi yang masih jadi favorit apabila anak-anak ditanya mengenai cita cita mereka.

Yang menarik dari produk ini adalah pada saat bonekanya dinyalakan, ia akan bercerita sesuai dengan karakter profesinya masing-masing. Dengan memperkenalkan profesi sejak dini membuat anak-anak akan lebih mengerti mengenai tugas dan tanggung jawab profesi tersebut.

Selain itu anak-anak akan asyik memainkan peran sebagai Pilot dan Dokter. Dan menciptakan cerita imajinasi mereka sendiri. Jadi ketika sudah mulai lelah menghafal Al Quran, bonekanya sendiri bisa dijadikan mainan. Miko senang banget dengan karakter Pilot yang menurut dia keren banget. Hahaha.

  1. Melibatkan peran aktif anak dan kebebasan untuknya memilih

Banyaknya fitur-fitur pada Hafiz Junior ini dan bisa sangat mudah diaplikasikan karena hanya dengan memencet tombol-tombol, membuat Hafiz Junior menjadi mainan anak yang sangat komplit.  Berbagai macam fitur-fiturnya antara lain murottal juz 30 dan 6 lagu anak-anak islami yang berbeda-beda menurut karakter profesinya masing-masing. Jadi anak-anak bebas memilih mau mendengarkan lagu yang mana atau menghafal surah pendek. Selain itu ada fitur pengulangan ayat yang dapat dipilih sebanyak 3 kali, 5 kali, 10 kali atau 20 kali dengan tujuan mempermudah anak-anak dalam menghafal Al-Quran.

  1. Sesuai dengan usia anak

Hafiz Junior ini genggam-able juga loh. Tinggi boneka ini hanya sekitar 13-14 cm sehingga memudahkan anak-anak untuk membawanya kemana-mana. Selain itu juga ada tali handle gantungannya yang memudahkan anak-anak dalam memegangnya. Harapannya Hafiz Junior dapat menjadi media anak-anak menghafal surah-surah pendek dimana pun dan di kapan pun.

Usia anak yang masih suka bereksplorasi juga membuat Hafiz Junior ini menjadi mainan anak edukatif yang sangat ideal. Penggunaannya juga sangat mudah sehingga anak-anak bahkan bisa memainkannya sendiri.

  1. Dan harus bervariasi

Anak-anak seusia Miko dan Mikha gampang bosan. Mainan kekinian seperti Hafiz Junior ini dapat men-challenge mereka untuk lebih berkreasi. Bentuknya yang tiga dimensi dan dapat berbunyi merangsang panca indera mereka untuk lebih terasah. Dan tak hanya unsur entertainment yang bisa didapat tp unsur edukasinya juga ngena pada sasaran.

 

 

P_20180218_152214
Booth Produk-produk Al Qolam

 

Berapa Harganya?

Ternyata cukup terjangkau. Yaitu sebesar Rp 600.000,- dan bahkan bila membeli pada saat masa promo bisa mendapatkan hadiah mushaf Al Quran. Produk ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh cabang Gramedia. Wow banget ya.

P_20180218_163459
Hafiz Junior Boy-Doctor
Girl-Pilot

 

Girl-Doctor

Kalo Kaka Miko suka banget sama versi yang ini

Untuk yang penasaran dengan Al Qolam atau PT Hidayah Insan Mulia sebagai pencipta produk ini, ternyata Al Qolam memiliki serentetan produk lainnya yang tak kalah luar biasanya Al Quran Digital Talking Pen untuk kategori Mushaf Quran yang berhasil menyabet penghargaan sebagai Top Brand dan Digital Popular Brand. Juga ada Hafiz Talking Doll yang pada versi terakhirnya memiliki konten bilingual (Inggris-Indonesia).

Hal ini selaras dengan visi Al Qolam yaitu menjadi perusahaan teknologi yang berorientasi untuk membangun generasi masa depan yang berakhlaqul karimah dan cerdas. Untuk mencapai visi tersebut, Al Qolam memiliki misi untuk menghadirkan produk-produk yang bermanfaat untuk pengembangan khazanah, intelektual dan pengetahuan generasi Muslim serta menciptakan produk-produk yang inovatif untuk memudahkan masyarakat mempelajari AlQuran dan Islam.

Yang ingin menghubungi Al Qolam dapat menghubungi alamat di bawah ini :

Al Qolam

Jl. Cideng Timur No 78A Jakarta Pusat

No Telp 021-39802267

http://alqolam.com

http://hafizfansclub.com/

Dengan adanya Hafiz Junior ini semoga makin mempermudah orangtua zaman sekarang untuk memilih mainan yang tepat untuk anaknya. Dan tidak hanya membelikan mainan saja tetapi orangtua dan anak dapat duduk bersama, bermain dan belajar menghafal Al Quran bersama.

That’s how family goals it is, right?

 

 

 

 

 

17 thoughts on “Hafiz Junior, Mainan Masa Kini-nya Calon Hafiz-Hafizah

  1. mbaa…ini kok bagus banget bonekanya bisa buat mainan sama ngapalin alquran…cocok banget buat anak-anak, jadinya bisa ngapalin alquran tanpa merasa lagi belajar, seperti main biasa ya…^0^

  2. Sama kayak anakku mbak, kalau di TPA dia hanya suka menonton dan keliling masjid.
    Akhirnya ya belajar sendiri di rumah. Dia lebih suka belajar sama ayahnya. Baca alif ba ta, baca surat2, dan doa2.
    Jd pengen beliin anak Hafiz Doll juga supaya makin sholeh sholehah plus buat belajar ortunya jg yaaa TFS

  3. Mainan ini bagus banget, aku jg mau. Loh kok malah emaknya yg mau? 😀
    Mainan kaya gini walau dijadiin pajangan aja bakalan bermanfaat, apalagi kalo dimainin beneran, buanyak banget manfaatnya

  4. Yang bikin boneka hafiz junior ini menarik karakter dan profesinya ya mba. Jadinya anak2 selain menghapal quran bisa belajar dan mengenal profesi juga. Beneran belajar sambil fun banget ini namanya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *