Review

Digital Marketing : Ketika Satu Klik Saja Menjadi Berarti

Untuk mendukung aksesbilitas internet, Pemerintah menargetkan pada tahun 2019, broadband network dapat meng-cover seluruh kota di Indonesia. Bahkan saat ini Pemerintah sedang memfokuskan membangun BTS hingga di daerah-daerah perbatasan seluruh Indonesia. Akses dan kecepatan internet merupakan main requirement dari e commerce, karena itu Pemerintah berkonsentrasi di arah sana.

Pemerintah juga berusaha membangun atmosfer yang sehat bagi pelaku bisnis e commerce dengan jalan membangun regulasi yang dapat merangkul para komunitas e commerce di Indonesia. Juga membentuk standarisasi bisnis digital sehingga semua digital platform akan ada dalam satu kode bisnis.

Selain itu Pemerintah juga memiliki program 1000 Digital Startups yaitu memberikan kesempatan untuk technopreneur agar berkembang dan membangun startups di segala bidangnya. Program ini juga bertujuan meng-encourage dan memfasilitasi perkembangan digitalisasi enterpreneurship dengan jalan memberikan funding dan workshop secara intensif.

Saat ini ada 7 isu yang menghalangi perkembangan e commerce di Indonesia, antara lain :

  1. Funding
  2. Tax
  3. Customer Protection
  4. Cyber Security
  5. Communication Infrastructure
  6. Logistics
  7. Education and Human Resources

Sebagai kekuatan ekonomi dunia ke 16 menurut Mc Kinsey, tentunya pemerintah tidak main-main dalam membangun e commerce di Indonesia. Apalagi peluang pasar yang begitu besar dalam bidang jasa, pertanian, perikanan, sumber daya alam dan pendidikan yang mencapai USD 0.7 triliun, menurut MP3EI ditunjang oleh penduduk usia produktif sekitar 65% atau sekitar 163 juta jiwa.

Lalu siapa sasaran empuk bagi perkembangan digital marketing di Indonesia saat ini ?

Generasi Z jawabannya…

11 thoughts on “Digital Marketing : Ketika Satu Klik Saja Menjadi Berarti

  1. Zaman serba canggih teknologi seperti sekarang, ternyata faktor manusia tetap jadi yang utama ya. Apalagi robot itu memang ga bisa melayani konsumen seperti layaknya manusia. Ada art of selling yang mesti dipelajari biar jualan barang dan jasanya laku di pasaran 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *