Tak Berkategori

5 Macam Oleh-Oleh Kekinian Khas Indonesia

Setiap dinas ke daerah, aku selalu membiasakan diri membeli oleh-oleh. Bukan apa-apa siy, tapi membawa pulang buah tangan homemade hasil khas suatu daerah itu buatku bisa memperkaya kecintaan akan tanah air ini. Tsaaah.. Tapi bener loh, Indonesia itu kaya! Di setiap ujung jengkal wilayahnya ada keunikan dan tradisi yang selalu di lestarikan dan digenggam kuat-kuat.

Sebut aja, Batik. Yang oleh UNESCO sejak tahun 2009 telah dinobatkan menjadi warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia. Batik itu dari ujung Sumatera sampai ujung Papua motif khasnya beda-beda loh. Motif bunga bangkai dari Bengkulu, Megamendung dari Cirebon, motif ayam dari Madura sampai motif Burung cenderawasih dari Papua. Seru-seru loh motifnya. Ucul-ucul gitu. Jadi kita mau ngomongin batik niy?.. Weittss ga dunk. Kita mau ngebahas yang enak-enak aja. Yang aku dan kamu pasti suka. Hahaha.

Baca juga : Tenun Nusantara

Selain batik, bawa oleh-oleh makanan khas daerah itu hukumnya WAJIBB (pake qolqolah). Nah karena kreativitas orang Indonesia itu semakin tinggi bermunculan lah oleh-oleh yang lain dari yang lain di beberapa daerah. Yang kekinian dan unik yang susah ditemui di daerah lain. So, mari kita kulik satu persatu yaaa…

  1. Abon Gulung, Manokwari

abon-gulung-1290
Abon Gulung Manokwari

Image from : Here

Selain Raja Ampat, apalagi yang dipunya Manokwari selain abon gulung yang abonnya juicy banget, yang kalau digigit rotinya tuh langsung lumerr di mulut dan di hati. Sumpah ya, roti abon yang sesejenis punyanya bakery nya salah satu hair stylist kondang di Indonesia, you know who lah yaa, beuuhh lewaat deh sama abon gulung ini. Ukurannya abon gulungnya itu besar, ga tanggung-tanggung deh, dan abonnya kayaa banget. Melimpah ruah. Makan satu potong aja udah full tank deh perut. Varian rasanya ada sapi, tuna, ayam dan keju (dan katanya sekarang ada rasa coklat sama strawberry juga). Jujur aku belum pernah coba yang selain sapi ya. Karena bagiku abon itu ya abon sapi hehe. Dan yang original pasti lebih enak kan yaaa. Range harganya satu kotak isi 10 potong abon gulung kurang lebih Rp100.000,- sampai dengan Rp150.000,-.

Dan abon gulung ini tidak buka cabang dimanapun saudara-saudara. So, limited edition bangett inihh. Bayangin aja tiket pesawat ke manokwari berapa hehhe..

2. Raja Spikoe, Sidoarjo

spikoe.jpg
Spikoe from Raja Spikoe

Image taken from : here

Jawa Timur itu gudangnya oleh-oleh enak. Kalau dines ke Surabaya sampai bingung deh mau bawa oleh-oleh apa. Segala jenis kerupuk mulai dari kerupuk bawang, ikan, udang, ada di sana. Mana bentuknya lucu-lucu dan warna warni pula. Berbagai macam jenis sambel botolan ada. Dari mulai yang terkenal banget dan pedes banget sampai yang biasa aja. Belum lagi bumbu petisnya sama terasi. Komplit banget pokonya. Tapi kalau ingin mencari oleh-oleh yang bisa langsung disantap, Spiku salah satu pilhannya.

Spiku atau biasa dikenal dengan kue lapis Surabaya merupakan kue khas dari Surabaya yang sudah terkenal seantero Indonesia dan biasa jadi isian di snackbox untuk rapat-rapat. Hehehe. Tapi yang membedakannya dari Raja Spikoe ini adalah filingnya dari duren. YAP. DURIAN. Orang Indonesia siapa siy yang ga suka durian. Dan durian ini masih dipadupadankan dengan berbagai macam flavour lagiii yang kekinian juga seperti coklat, keju, green tea, pisang coklat, coklat keju, milo dan almond. Hadehhh, tempting banget yaa. Salah satu variannya yang lain namanya Spiku Salju, lapis yang ditambah pastry dan taburan gula halus. Rasanya manis dan gurih campur jadi satu. Enaaak banget.

Raja Spikoe ada di Garden Dian Regency, Sidoarjo atau di outlet Raja Duren, Jl Medokan Ayu 21 C Surabaya (Ruko depan kampus UPN Veteran). 

Atau yang ingin menikmati spiku orginal bisa memesan di Omiyago tanpa harus ke Surabaya 🙂

Selalu ada jalan ya untuk mendapatkan sesuatu yang kita mau. Apalagi di era digital saat ini, belanja oleh-oleh segampang menekan tuts enter di keyboard or menekan layar sentuh. Omiyago memberikan pengalaman berbelanja yang menarik banget karena seakan-akan mengantarkan kita menuju destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Ingin ngopi dengan kopi terbaik dari Aceh, gampang. Ingin merasakan beraneka ragam sirup khas nusantara, tinggal klik aja. Semuanya mudah didapat dan terjangkau. Berkat Omiyago, telur asin bakar khas Lombok, misalnya. Ah menyenangkan ya. Bye-bye promo tiket pesawat yang selalu habis last minute.

Baca juga : Afrika Van Java, Jawa Timur

3. Medan Napoleon, Medan

medan
Medan Napoleon

Image taken from : here 

Medan itu kota kedua setelah Surabaya, bagiku yang surganya oleh-oleh enak. Sebut aja bika ambon, durian ucok yang bisa dibawa buat oleh-oleh pake wadah plastik, bolu meranti, sirup markisa, pancake dureen. Apa lagiii? Duh rasanya kalau ke Medan, uang saku pasti abis buat beli oleh0oleh doang. Dan masih ditambah makhluk yang namanya Medan Napoleon??!!. Yang suka Irwansyah minggir dulu, karena tetiba aku jadi fansnya. Hahaha. Yap Medan Napoleon ini punyanya Irwansyah. Seseartis ituuh tuhh. Yang aku bener-bener ga nyangka dia punya kejelian memulai bisnis oleh-oleh ini.

Medan Napoleon ini pengejawantahan dari soft cake yang menggulung layer pastry diselipin selai-selai beraneka rasa seperti Durian (again…), caramel, keju, green tea dan banana crezy. Rasanya bayangin aja ya, lembut plus creamy plus ada kegaringan dari pastrynya. Makan satu, hati langsung nyessss. Lumer.

Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim (samping Chirurgie Cafe) No. 46/35, Medan Baru, Kota Medan, Medan Napoleon menjadi incaran baru pemburu oleh-oleh di nusantara. Termasuk aku, yang udah ga sabar pengen ke Medan untuk nyobain.

4. Strudel, Malang

STRUDEL-SQUARE-cokelat-959x959.jpg
Strudel Malang

Image taken from : here 

Siapa ya yang ga kenal oleh-oleh yang sekarang dinobatkan menjadi “khas Malang” ini. Meskipun pencetusnya seseartis juga, Teuku Wisnu, tetapi strudel Malang ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Tak lain karena bahan bakunya yang masih menjaga cita rasa lokal ya itu menggunakan apel Malang. Strudel sebenarnya adalah kue khas dari Austria, terbuat dari pastry dan isian filing. Aslinya memang filingnya terdiri dari apel dengan aroma kayu manis yang khas. Akan tetapi selain apel, Strudel Malang juga memiiki varian rasa lain seperti Pisang Cokelat, Keju, Strawberry, Nanas, Jeruk, dan campuran buah (mix). Rasa masam dari apel yang menggigit membuat kejutan-kejutan di setiap gigitan yang masuk ke mulut. Pastrynya tidak begitu berlayer, tapi agak empuk. Yummy yang pasti.

Saat ini sudah ada 6 outlet resmi Malang Strudel. Di Jalan Ardimulyo, Jalan Soekarno Hatta, Jalan WR Supratman, Jalan Diponegoro Batu, Jalan Komodor Udara Abdul Rahman Saleh, dan Jalan Semeru. Wah Rame ya. Gampang didapat pastinya. Kalo ke Malang, selain memborong keripik buah-buahannya juga wajib mencoba oleh-oleh satu ini.

5. Baklave, Makasar

makassar-baklave5.jpg
Baklave Makasar

Image taken from : here

Lagi-lagi oleh-oleh kekinian ini yang membuka adalah artis. Tak lain dan tak bukan Irfan Hakim. Yang bikin unik adalah kenapa Makasar? Why oh Why?. Kenapa menikmati kue yang enaaak ini harus jauh-jauh ke Makasar. Kenapa ga buka di Bogor aja. Atau di Bekasi gitu. Yang ga usah pake tiket pesawaat. Huhuhu. Ternyata Irfan Hakim punya sisi romantisme dengan Kota Makasar, karena di kota inilah kisah perjuangan dia dan istrinya dimulai. Wah So Sweet ya.

Baklave ini aslinya dari Turki. Dan lagi-lagi temanya pastri dan cotton cake. Perpaduan rasa dan teksturnya itu renyah, manis, gurih, seru pokonya. Untuk lebih mengangkat khas Makasarnya, isian Pisang menjadi salah satu favorit. Sudah tahu ya kalo jajanan di Makasr ga jauh-jauh dari pisang. Mulai dari pisang ijo, pisang ape, atau palu butung. Dan memang pisang di makasar itu khas banget siy. Ga lembek, ada liat-liatnya dan rasanya maniis banget. Enak pokonya. Varian rasanya selain banana fluffy adalah oreo blast, nutty fruty, rich cheese dan royal chocolate. Hmmm..baca nama-namanya aja jadi ngiler..

Menarik banget ya, karena di setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan potensi daya tarik tersendiri. Selain oleh-oleh yang disebutkan di atas, berjuta sensasi yang ditawarkan Indonesia sebagai tempat wisata dan bereksplorasi diri. Lewat TelusuRI, juga dapat kita rasakan betapa kearifan lokal budaya dan keelokan panorama merupakan warisan yang harus selalu kita jaga. Belum lagi budaya kuliner di Indonesia yang ga usah diragukan lagi deh kekayaannya. Melalui TelusuRI, juga kita dapat mengetahui program-program pariwisata yang sedang berlangsung di daerah. Ini penting banget buat aku, karena mengikuti ritual adat atau event-event yang mengangkat tema budaya selalu menggugah rasa ingin tahu yang lebih dan seru pastinya ikut terlibat dengan kegiatan besar seperti itu.

Semoga ya, aku memiliki kesempatan untuk lebih mengeksplor Indonesia. Dan turut berperan serta menjaga keanekaragaman budaya ini. Dan juga menanamkan rasa cinta yang lebih kepada bangsa ini.

Amiinn…!!

Tetap Semangat, pastinya !

9 thoughts on “5 Macam Oleh-Oleh Kekinian Khas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *